Sunday 8 January 2017

Cara Menurunkan Demam Pada Anak

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. . .
Pada kesempatan kali ini Catatanperawat akan berbagi tips sehat mengenai “cara menurukan demam pada anak”. Seseorang dikatakan demam jika suhu tubuh sudah melebihi 37,5˚C. Demam pada anak biasanya terjadi karena terjadinya suatu proses penyakit pada tubuh, karena demam tersendiri merupakan gejala penyerta pada saat anak anda terserang oleh bakteri maupun mikroorganisme lainnya sehingga tubuh anak anda akan mengalami respon perlawanan terhadap mikroorganisme tersebut maka timbulah demam. Berikut penyakit yang diawali dengan gejala demam yaitu campak, rubela, batu pilek sesuai dengan tingkat keganasannya. Sebagaimana yang kita ketahui di masyarakat sudah tidak asing lagi dengan penyakit demam atau panas yang melanda anak, baiklah berikut cara menurunkan demam pada anak :
Cara Menurunkan Demam Pada Anak
Gambar 1. Ilustrasi anak dengan demam


Cara menurunkan demam pada anak dengan obat

1. Mengkonsumsi obat penurun panas
Cara Menurunkan Demam Pada Anak
  • Paracetamol merupakan salah satu obat penurun panas yang sudah tidak asing lagi dikalangan masyarakat dan cukup aman dikonsumsi pada anak dengan dosis yang disarankan sesuai dengan berat badan ataupun usia.
  • Ibuprofen merupakan golongan obat NSAID yaitu Non Steroid Anti Inflamation yang berguna mengurangi nyeri, kram perut ataupun nyeri pada saat menstruasi dan dapat juga menurunkan demam.
  • Aspirin merupakan obat populer dalam meredakan nyeri serta menurunkan demam, aspirin sendiri mencegah produksi hormon yang bertindak efektif dalam menimbulkan peradangan ataupun rasa sakit.


Cara menurunkan demam pada anak dengan cara tradisional

Cara Menurunkan Demam Pada Anak
1. Kompres hangat

Kompres hangat ialah metode yang sangat simpel dan dapat langsung dilakukan dimasyarakat cukup dengan sehelai handuk dan baskom dengan air hangat. Dikalangan masyarakat sendiri masih mengenal bahwa kompres dingin lebih efektif menurunkan panas, padahal kompres dingin tersendiri hanya dapat menurunkan panas sesaat tetapi selanjutnya anak akan mengalami demam yang lebih tinggi karena tubuh merespon adanya tingkat suhu yang rendah. Sedangkan pada kompres hangat demam akan berangsur menurun karena respon tubuh terhadap suhu yang tinggi sehingga tubuh akan berespon dan demam mulai menurun. Kompres hangat lebih efektif dilakukan dilipatan ketiak karena pada lipatan ketiak terdapat pembuluh darah besar sehingga demam cepat menurun.


·   2. Memakai pakaian yang tipis
Pakaian yang tipis akan membuat uap pada tubuh cepat keluar sehingga demam pun cepat menurun, lain halnya pada pakaian yang tebal dan berlapis selimut dapat mengakibatkan demam yang tidak kunjung turun serta keringat yang menumpuk sehingga anak mengalami dehidrasi.

·   3. Banyak minum
Minum yang banyak dapat juga menurunkan demam pada anak karena pada saat anak demam, banyak sekali cairan yang hilang dari tubuh melalui uap dan keringat tubuh oleh sebab itu sangat disarankan banyak minum.

·   4. Mandi air hangat
Mandi air dapat juga menurunkan demam dan membuat tubuh anak lebih rileks. Air hangat dapat membunuh bakteri dan mikroorganisme lainnya. Jangan mandi air dingin, karena hal ini hanya akan membuat darah cepat mengalir ke organ dalam sehingga membuat panas tubuh semakin tinggi.

·   5. Mengatur suhu ruangan
Pada saat anak anda demam lebih baik suhu ruangan diatur dalam keadaan tidak dingin maupun tidak terlalu panas. Atur suhu ruangan senyaman mungkin.


Demikianlah beberapa Cara Menurunkan Demam Pada Anak, semoga bermanfaat.

 

Ad Placement