Sunday 17 April 2016

Sembelit/Konstipasi: Penyebab, Gejala dan Pengobatannya

Sembelit/Konstipasi: Penyebab, Gejala dan Pengobatannya

Sembelit kata berasal dari Latin constipare berarti "untuk menekan, kerumunan bersama-sama". Sembelit adalah suatu kondisi pada sistem pencernaan. Penderita memiliki kotoran keras yang sulit untuk dikeluarkan. Dalam kebanyakan kasus, hal ini terjadi karena usus besar telah menyerap terlalu banyak air dari makanan yang di usus besar. Makanan lambat bergerak melalui saluran pencernaan Anda, semakin banyak air yang usus besar akan menyerap dari makanan. Akibatnya, kotoran menjadi kering dan sulit. Buang air besar (mengosongkan perut) dapat menjadi sangat menyakitkan, dan dalam beberapa kasus serius mungkin ada gejala obstruksi usus. Kapan sembelit sangat parah; Ketika sembelit mencegah bagian dari kotoran dan gas, disebut obstipation.

Penyebab sembelit

Sembelit terjadi ketika usus menyerap terlalu banyak air, atau jika otot-otot dalam usus besar tertular perlahan-lahan atau buruk sehingga tinja bergerak terlalu perlahan-lahan dan kehilangan lebih banyak air.

Mari kita lihat penyebab paling umum sembelit:

1) kurangnya serat dalam diet
Hal ini juga diketahui bahwa orang yang kurang mengkonsumsi makanan berserat kemungkinan untuk menderita sembelit. Makanan rendah serat adalah makanan tinggi lemak, seperti keju, daging dan telur. Jika Anda mengkonsumsinya, pastikan Anda juga makan cukup buah-buahan, sayuran, dan makanan yang kaya serat.
Ada dua jenis utama dari serat larut dan tak larut air. Serat tidak dapat dicerna. Namun, serat larut dapat berubah saat melewati saluran pencernaan, dimana hal itu adalah fermentasi oleh bakteri. Serat larut menyerap air, dan menjadi mudah saat kita melakukan buang air besar. Sedangkan serat tak larut air melewati usus tanpa mengubah bentuk. Cukup sederhana, serat dapat mendorong gerakan usus dan mencegah sembelit. Studi telah menunjukkan.

2) fisik yang tidak aktif
Sembelit dapat terjadi jika seseorang jarang berolahraga/bekerja atau fisik tidak aktif. Hal ini terutama terjadi pada orang tua. Kita tahu bahwa jika seseorang telah berbaring di tempat tidur untuk waktu yang lama, mungkin selama beberapa hari atau Minggu, mereka berisiko mengalami sembelit meningkat secara signifikan. Beberapa orang mengatakan bahwa aktivitas fisik membuat metabolisme yang tinggi, membuat organ-organ yang dalam tubuh kita bekerja dengan lebih cepat. Orang tua cenderung memiliki kehidupan yang lebih menetap, dibandingkan dengan remaja dan dewasa, oleh karena itu adalah pada orang tua cenderung risiko tinggi sembelit. Aktif secara fisik jauh lebih kecil kemungkinannya untuk terjadi sembelit daripada orang-orang yang tidak aktif fisiknya.

3) beberapa obat
Hal ini umum bagi orang untuk lupa bahwa ada banyak obat yang dapat menyebabkan sembelit. Yang paling umum adalah:
  • Narkotika (opioid) dan beberapa obat, seperti kodein (Tylenol), oxycodone (Percocet), danhydromorphone (Dilaudid)
  • Antidepresan, seperti amitriptyline (Elavil) dan imipramine (Tofranil)
  • Antikonvulsan seperti phenytoin (Dilantin) dan suplemen zat besi carbamazepine (Tegretol)
  • Saluran kalsium yang dihalangi oleh obat seperti diltiazem (Cardizem) dan nifedipin (Procardia) yang mengandung aluminium antasid Heartburn seperti Amphojel dan Basaljel
  • Diuretik seperti chlorothiazide (Diuril)
4) susu
Beberapa orang menjadi sembelit ketika mereka mengkonsumsi susu dan produk susu. Walaupun sampai sekarang belum ada penelitian yang jelas kenapa susu dapat berisiko menyebabkan sembelit.

5) Syndrom iritasi usus (IBS)
Orang yang menderita dari IBS mengalami sembelit jauh lebih sering.

6) kehamilan
Kehamilan membawa perubahan hormonal yang dapat membuat wanita lebih rentan terhadap sembelit. Juga rahim dapat memampatkan usus, sehingga melambatkan makanan.

7) penuaan
Ketika kita beranjak tua mulainya perlambatan metabolisme, mengakibatkan kurang aktivitas usus. Otot-otot di saluran pencernaan tidak bekerja seperti halnya mereka digunakan.

8) perubahan dalam rutinitas, seperti ketika bepergian
Ketika kami melakukan perjalanan kami perubahan rutin yang normal. Ini dapat memiliki efek pada sistem pencernaan kita, yang kadang-kadang menyebabkan sembelit. Makanan yang dimakan pada waktu yang berbeda dan juga tidak terjaminnya kebersihan makanan karena lingkungan sekitar. Semua perubahan ini dapat meningkatkan risiko konstipasi.

9) Tidak pergi ke toilet ketika Anda merasa dorongan untuk BAB
Ada banyak alasan untuk ini. Mungkin kita tidak berada di rumah dan lebih suka menunggu sampai kembali. Hal ini mengejutkan betapa banyak orang jarang BAB di toilet di tempat kerja atau di sekolah. Orang lain mungkin terlalu sibuk untuk pergi. kadang anak terlalu sibuk bermain dan menunda pergi ke toilet. Namun, jika Anda mengabaikan dorongan untuk BAB tersebut, dorongan dapat secara bertahap pergi sampai Anda tidak lagi merasakannya. Semakin lama Anda menunda, tinja akan menjadi kering dan semakin sulit dikeluarkan.

10) tidak minum cukup air (dehidrasi)
Para ahli mengatakan bahwa jika Anda sudah memiliki sembelit, minum cairan lebih mungkin tidak menghilangkan itu. Namun, jika Anda secara teratur minum banyak air Anda kurang cenderung menjadi sembelit. Jika Anda cenderung secara teratur menderita sembelit Anda harus serius mempertimbangkan meningkatkan konsumsi air. Banyak soda dan minuman yang mengandung kafein yang dapat menyebabkan dehidrasi dan memperburuk sembelit Anda. Alkohol juga dapat membuat tubuh kering dan harus dihindari jika Anda sembelit, atau sangat rentan terhadap sembelit.

11) masalah dengan usus besar atau rektum
Tumor dapat memampatkan atau membatasi tinja dan menyebabkan sembelit. Juga jaringan parut (adhesi), diverticulosis, dan abnormal penyempitan usus besar atau rektum (kolorektal striktur). Orang-orang dengan penyakit Hirschsprung rentan terhadap sembelit (di mana beberapa sel-sel saraf yang ada dalam usus besar mengalami gangguan).

12) beberapa penyakit dan kondisi
Penyakit yang cenderung untuk memperlambat gerakan feces melalui kolon, rektum, atau anus lebih cenderung menyebabkan sembelit. Mereka meliputi:
  • Gangguan neurologis, MS (Multiple Sclerosis), penyakit Parkinson, Stroke, cedera saraf tulang belakang, idiopatik usus pseudo-obstruksi kronis
  • Kondisi endokrin dan metabolisme, Uremia, hiperkalsemia, miskin kontrol glikemik Diabetes, hipotiroidisme
  • Penyakit sistemik (penyakit yang mempengaruhi beberapa organ dan jaringan, atau mempengaruhi tubuh secara keseluruhan), Lupus, skleroderma dan Amiloidosis
  • Kanker, terutama karena obat untuk nyeri, dan kemoterapi. Juga jika tumor blok atau meremas sistem pencernaan.
Pengobatan untuk sembelit
Hal ini penting untuk mengingat bahwa perlunya untuk buang air besar setidaknya sekali sehari adalah mitos. Sembelit terjadi ketika Anda ingin pergi BAB tetapi anda menundanya. Dalam sebagian besar kasus, sembelit dapat sembuh dengan sendiri tanpa pengobatan atau risiko kesehatan.

Pengobatan sembelit berulang dapat mencakup perubahan gaya hidup yaitu anda dapat melakukan latihan fisik, makan makanan lebih banyak serat dan minum lebih banyak air. Beberapa studi bertentangan dengan saran serat tinggi; sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Amerika Gastroenterologi menemukan bahwa peran diet serat untuk mengobati sembelit kronis yang berlebihan. Diet rendah serat yang telah terbukti tidak menjadi penyebab sembelit dan keberhasilan asupan serat sebagai pengobatan sederhana.

Biasanya, obat pencahar (laxative) akan berhasil mengobati kebanyakan kasus sembelit - tetapi harus digunakan dengan hati-hati dan hanya ketika benar-benar diperlukan. Dalam kasus-kasus yang lebih sulit orang mungkin perlu resep obat.

Beberapa ahli Gastroenterologi berkomentar bahwa ada orang-orang yang tidak mengalokasikan cukup waktu untuk buang air besar mereka. Menyisihkan cukup waktu untuk memungkinkan kunjungan ke toilet Anda dan jangan mengabaikannya.

Obat pencahar (laxatives)
Hanya menggunakan pencahar ini sebagai pilihan terakhir, seperti yang telah disebutkan di atas:
  • Stimulan - mereka membuat otot-otot dalam kontrak usus berirama. Ini termasuk Correctol, Dulcolax dan Senokot.
  • Pelumas - mereka membantu tinja bergerak ke bawah usus besar lebih mudah. Ini termasuk minyak mineral dan armada.
  • Bangku pelunak - mereka melihat (melembabkan) tinja. Ini termasuk Colace dan Surfak.
  • Suplemen serat - ini mungkin adalah pencahar paling aman. Mereka juga disebut massal pencahar. Ini termasuk FiberCon, Metamucil, Konsyl, Serutan dan Citrucel. Pastikan Anda memiliki banyak air ketika Anda membawa mereka.
  • Osmotics - mereka memfasilitasi gerakan cairan melalui usus besar. Ini termasuk Cephulac, Sorbitol, dan Miralax.
  • Saline pencahar - mereka menarik air ke dalam usus besar. Ini termasuk susu magnesia.
  • Choride saluran aktivator - ini memerlukan resep. Ini termasuk lubiprostone (Amitiza).
  • 5-HT-4 agonis - mereka meningkatkan sekresi cairan di usus, dan juga mempercepat tingkat di mana makanan melewati usus besar. Ini termasuk Prucalopride.
  • Relistor telah disetujui oleh FDA pada April 2008 untuk pengobatan sembelit opioid-induced. Opioid umum diresepkan secara terus-menerus untuk pasien dengan penyakit tahap akhir, maju untuk membantu mengurangi rasa sakit.
Jika sembelit tidak menanggapi pengobatan apapun, sebagai pilihan terakhir mungkin dianjurkan untuk menghapus bagian usus besar.


Penyakit datangnya hanya dari Allah swt, kesembuhan datangnya hanya dari Allah swt.
Semoga Bermanfaat

waallahu a'lam bishawab

 

Ad Placement