Monday 10 April 2017

Teknik Relaksasi Nafas Dalam

relaksasi nafas dalam

Definisi
Latihan nafas dalam adalah cara bernafas yang efektif melalui inspirasi dan ekspirasi untuk memperoleh nafas yang lambat, dalam dan rileks.

Tujuan
1. Meningkatkan aliran udara dan oksigen dalam darah
2. Membantu mengeluarkan gas anastesi yang tersisa didalam jalan nafas
3. Meningkatkan relaksasi
4. Mengurangi rasa nyeri
5. Meningkatkan kualitas tidur
6. Membantu relaksasi

Cara melakukan
1. Bantu pasien ke posisi yang nyaman baik duduk atau berdiri. Apabila pasien memilih duduk, maka bantu pasien duduk di tepi tempat tidur atau posisi duduk  tegak di kursi. Posisi juga bisa semifowler, berbaring di tempat tidur dengan punggung tersangga bantal.
2. Instruksikan pasien untuk meletakkan kedua telapak tangan berhadapan satu sama lain, dibawah dan sepanjang batas bawah tulang rusuk anterior (depan). Letakkan ujung jari tengah kedua telapak tangan saling bersentuhan. Demonstrasikan pada pasien.
relaksasi nafas dalam
3. Minta pasien mengambil nafas dalam secara lambat, menghirup melalui hidung. Minta pasien untuk merasakan bahwa kedua jari tengah tangan terpisah selama menarik nafas (inspirasi). Minta pasien menahan nafas sampai hitungan ketiga.
4. Minta pasien perlahan-lahan menghembuskan nafas melalui mulut (diantara bibir). Katakan pada pasien bahwa kedua ujung jari tengahnya akan bersentuhan kembali.
relaksasi nafas dalam
5. Ulangi latihan nafas dalam ini sebanyak 3 sampai 5 kali.
6. Instruksikan pasien melakukan nafas dalam perlahan sebanyak 10 kali setiap 2 jam pada saat pasien terjaga selama periode paska operasi sampai pasien dalam melakukan mobilisasi.


(Sumber : Perry & Potter, 2006; Sean Hickey, Krystle C., Nathan Wong, Tom Viren, 2012)

 

Ad Placement