Monday 1 February 2016

Manfaat Menangis Bagi Kesehatan

menangis

Menangis umumnya diketahui sebagai luapan perasaan dari dalam diri yang ditandai dengan keluarnya air mata. Banyak orang mengaku bahwa menangis bisa membuat rasa lebih nyaman, begitu pula sebaliknya menangis pada saat terharu bahagia karena mengalami peristiwa terntentu yang membahagiakan. 
Ada beberapa alasan manusia untuk menangis:
  1. Menangis karena kasih sayang dan kelembutan hati.
  2. Menangis karena rasa takut.
  3. Menangis karena cinta.
  4. Menangis karena gembira.
  5. Menangis karena menghadapi penderitaan.
  6. Menangis karena terlalu sedih.
  7. Menangis karena terasa hina dan lemah.
  8. Menangis karena mengikut-ikut orang menangis.
  9. Menangis untuk mendapat belas kasihan orang.
  10. Menangis orang munafik alias pura-pura menangis.

Berikut manfaat menangis bagi kesehatan :

  1. Membantu penglihatan
    Air mata ternyata membantu penglihatan seseorang, jadi bukan hanya mata itu sendiri. Cairan yang keluar dari mata dapat mencegah dehidrasi pada membran mata yang bisa membuat penglihatan menjadi kabur.
  2. Mematikan bakteri
    Tak perlu obat tetes mata, cukup air mata yang berfungsi sebagai antibakteri alami. Di dalam air mata terkandung cairan yang disebut dengan “lisozom” yang dapat membunuh sekitar 90-95 persen bakteri - bakteri yang tertinggal di mata.
  3. Meningkatkan mood
    S
    eseorang yang menangis dapat menurunkan level depresi karena dengan menangis, mood seseorang akan bangkit kembali. Air mata yang dihasilkan dari tipe menangis karena emosi mengandung 24 persen protein albumin yang berguna dalam meregulasi sistem metabolisme tubuh dibanding air mata yang dihasilkan dari iritasi mata.
  4. Mengeluarkan racun
    Seorang ahli biokimia, William Frey telah melakukan beberapa studi tentang air mata dan menemukan bahwa air mata yang keluar dari hasil menangis karena emosional ternyata mengandung racun. Tapi jangan salah, keluarnya air mata yang beracun itu menandakan bahwa ia membawa racun dari dalam tubuh dan mengeluarkannya lewat mata.
  5. Mengurangi stres.
    Air mata ternyata juga mengeluarkan hormon stres yang terdapat dalam tubuh yaitu “endorphin leucine-enkaphalin” dan “prolactin.” Selain menurunkan level stres, air mata juga membantu melawan penyakit - penyakit yang disebabkan oleh stres seperti tekanan darah tinggi.
  6. Melegakan perasaan
    Semua orang rasanya merasa demikian. Meskipun kamu didera berbagai macam masalah dan cobaan, namun setelah menangis biasanya akan muncul perasaan lega.
    Setelah menangis, sistem limbik, otak dan jantung akan menjadi lancar, dan hal itu membuat seseorang merasa lebih baik dan lega. Keluarkanlah masalah di pikiranmu lewat menangis, jangan dipendam karena kamu bisa menangis meledak-ledak.
Demikian manfaat menangis bagi kesehatan, teman - teman jangan takut menangis, menangislah karena nangis itu menyehatkan.

8 comments

  1. Asiiiik.... nice infonya gan ^^

    ReplyDelete
  2. sipp. bagus artikelnya gan

    Bw Yu gann + Koment

    You're Inspiration

    http://inspirasi-akukamu.blogspot.com/2016/02/the-butler-movie.html

    ReplyDelete
  3. Menangis adalah luapan emosi. Orang yang banyak menangis di dunia, kelak di akhirat dia tertawa, sementara orang yang terlalu banyak tertawa di dunia kelak dia banyak menangis di sana...??

    Nice bos

    ReplyDelete
  4. Nice artikelnya gan, menambah wawasan.
    Thx ya ^^

    ReplyDelete
  5. Wihh .. Yernyata banyak juga manfaatnya

    ReplyDelete
  6. ane kira nangis buruk buat kesehatan eh ternyata, thanks gan bermanfaat banget

    ReplyDelete
  7. Betul bangdt ni Trimkasi infonya 😍

    ReplyDelete

 

Ad Placement