Friday 29 January 2016

14 Kebiasaan yang dapat merusak kulit wajah

wajah

Mempunyai kulit wajah yang sehat tentu menjadi impian setiap orang. Tak sedikit orang bahkan rela mengeluarkan banyak biaya untuk pergi ke salon dan memakai produk perawatan yang cukup terbilang mahal demi mendapatkannya. Namun jika memiliki kebiasaan buruk tentunya dapat berimbas negatif bagi tubuh maupun lingkungan sekitar. Dampak tersebut bisa berupa dampak jangka pendek maupun panjang. Sebaiknya, sebelum kebiasaan-kebiasaan tersebut berujung pada hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya anda mulai dari sekarang meninggalkan kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut.

1. Menggunakan riasan yang terlalu berat

Riasan yang terlalu berat, seperti penggunakan foundation yang berat atau terlalu berlebihan, akan membuat pori-pori pada kulit Anda tertutup dan tak dapat bernafas. Parahnya, hal tersebut justru menjadi pemicu timbulnya jerawat. 

2. Mengabaikan penggunaan sunblock

Beberapa dari Anda mungkin tak rajin atau ogah-ogahan saat harus menggunakan sunblock ketika akan keluar rumah. Padahal, penggunaan sunblock sangat penting untuk mencegah UV-A dan UV-B dari sinar matahari yang dapat membakar kulit, dan parahnya, dapat menyebabkan kanker kulit. 
3. Menggunakan moisturiser yang tepat
Salam memilih dan menggunakan moisturizer akan membuat kondisi kulit Anda terancam. Kenali kulit Anda, dan gunakan moisturizer yang tepat untuk jenis kulit Anda agar tak bermasalah ke depannya. 

4. Sering menekan dan menyentuh jerawat

Bagi Anda yang berjerawat, sering sekali memiliki kebiasaan untuk menyentuh jerawat tanpa disadari. Biasanya karena terasa gatal dan mengganggu. Hindari kebiasaan buruk tersebut. Sering menyentuh jerawat akan memperparah keadaan jerawat tersebut. Tangan Anda membawa bakteri yang dapat membuat jerawat Anda semakin terinfeksi. 
5. Berganti - ganti produk baru
Sebaiknya, bila kulit Anda telah cocok dan tak bermasalah dengan salah satu jenis produk, Anda tak perlu berganti-ganti produk yang membuat kulit Anda beradaptasi kembali dari awal. Sebab, bila kulit wajah Anda tak dapat beradaptasi dengan baik, hal tersebut justru akan menimbulkan masalah. Masalah-masalah yang akan Anda hadapi adalah jerawat, kulit kering, atau kulit

6. Terlalu banyak minum minuman beralkohol

Semua jenis alkohol yang Anda minum tak baik untuk kesehatan tubuh dan kulit Anda. Alkohol akan membuat kulit Anda kering, dan Anda akan terlihat lebih tua dari usia Anda sebenarnya. 

7. Kurangi makanan manis

Penelitian membuktikan bahwa makanan yang manis dan berminyak dapat menyebabkan jerawat. Jadi jika Anda tak ingin kulit wajah Anda bermasalah, sebaiknya hindari jenis makanan tersebut.

8. Merokok

Tak banyak dari Anda tahu bahwa merokok dapat merusak kulit Anda. Rokok akan menyumbat dan memperlambat aliran darah, selain itu, kolagen tak akan terdistribusikan dengan baik ke wajah Anda. Padahal kolagen sangat dibutuhkan oleh wajah Anda. 

9. Kurang minum air putih

Baiknya minum air putih 6 hingga 8 gelas sehari. Air putih dapat membantu melancarkan peredaran darah di wajah. Dapat mengatasi jerawat secara alami, dan dapat membuat wajah Anda terlihat selalu segar. 

10. Tidak cukup tidur

Tidur membantu mengembalikan kebugaran tubuh. Tidur yang cukup selama 6 hingga 8 jam sehari akan membantu mengistirahatkan kulit wajah Anda. Anda pun akan terhindar dari masalah mata panda karena kurang tidur. 

11. Lupa membersihkan riasan sebelum tidur

Produk-produk kecantikan yang biasa Anda gunakan tersebut mengandung bahan-bahan kimia yang berat dan menyumbat pori-pori kulit wajah. Sebelum tidur, Anda wajib membersihkan riasan tersebut agar tak menimbulkan masalah, seperti jerawat di masa yang akan datang. 

12. Tidak mengonsumsi buah dan sayur

Ganti pola makan Anda dengan menu buah dan sayur. Selain baik untuk tubuh, buah dan sayur memiliki banyak vitamin, minera serta zat antioksidan yang baik untuk kulit wajah Anda, dan mencegah penuaan dini. 

13. Tidak rajin berolahraga

Rajin berolahraga akan membantu membuat tubuh Anda bugar dan tentu saja diikuti oleh wajah yang sehat. Sel-sel kulit Anda akan teregenerasi dengan baik jika aktivitas fisik Anda tinggi.

14. Tidak rajin mencuci wajah

Rutin dan rajin mencuci wajah akan membantu mengangkat sisa riasan yang telah Anda bersihkan sebelumnya, dan membantu menganggkat sel-sel kulit mati. Wajah pun akan terlihat lebih cerah dan berseri bila Anda rajin mencuci wajah Anda. 

1 comment

 

Ad Placement